Partner Sejati Untuk Kartu Bersahabat www.ArtisQQ.com | STATUS BANK : BCA - ONLINE | MANDIRI - ONLINE | BNI - ONLINE| BRI - ONLINE | DANAMON - ONLINE

Perhatikan Hal Ini Saat Hendak Konsumsi Susu ~ ArtisQQ


http://www.artisqq.org/?ref=011183

Malang - ArtisQQ, Susu adalah makanan tambahan yang diyakini kaya manfaat. Agar manfaat susu bisa didapat dengan maksimal, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Eka Herdiana, seorang market nutritionist , di di sela-sela Diskusi Apresiasi Peternak 150 Tahun Nestle di Koperasi SAE, Pujon, Kabupaten Malang, menuturkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli dan mengonsumsi susu. Pertama dengan memperhatikan komposisi susu.

"Pastikan lebih dari 50 persen yang terkandung memang susu. Lalu perhatikan ingredient lainnya," tutur Eka.

Kedua, pastikan memiliki nilai gizi yang lengkap. Misalnya saja vitamin B1, B2, B6 dan B9.

"Bukan sekadar berapa besar persentasenya. Tapi harus sesuai dengan kebutuhan kita. Pastikan ada angka kecukupan gizi (AKG), kalau di label (label nutrisi pada kemasan) yang ada persen AKG-nya," sambung Eka.

Dia menambahkan, jika tertulis vitamin A sebesar 30 persen artinya dalam sekali konsumsi akan memenuhi 30 persen vitamin A, sesuai AKG-nya.

Ketiga, konsumsilah susu sesuai yang disarankan. Misalnya dengan tidak menyimpan susu bubuk yang telah dibuat atau diseduh maupun susu segar dalam kurun waktu lama.

"Harus segera dihabiskan untuk menjaga kualitas," pesan Eka.

Di salah satu booth yang ada dalam kegiatan tersebut, ada edukasi bagi para peternak melalui gambar piramida gizi, dimana terdapat beragam warna untuk mengukur jumlah sumber makanan dan gizi yang dihasilkan.

"Ini piramida gizi warna-warna ini hanya sebagai penanda saja. Tetapi terpenting sumber makanan yang harus dikonsumsi," ungkap Ria, seorang penjaga booth kepada ArtisQQ.

Diterangkan dia, di ujung paling atas piramida diberi warna kuning untuk tingkat konsumsi minyak, gula, dan garam. Karena posisinya di atas, artinya kebutuhannya juga tidak begitu banyak.

"Semakin ke atas pemakaian atau konsumsi tidak begitu banyak. Contoh kebanyakan garam atau gula akan berdampak pada hipertensi maupun diabetes," jelasnya.

Dibawahnya ada warna biru untuk tingkat konsumsi hewani dan nabati. Yang kebutuhan lebih banyak dibandingkan minyak, gula, dan garam.

"Kemudian kebutuhan untuk sayuran, buah-buahan dan yang terakhir dibawahnya adalah karbohidrat," beber Ria.

Paling bawah sendiri, kata dia, adalah kebutuhan lain juga sangat penting, yakni olahraga. Asupan gizi yang cukup ditambah olahraga rutin akan membawa tubuh sehat. "Olahraga berada di paling bawah," sebut dia.

Baca Juga : 4 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami ~ ArtisQQ 


No comments:

Post a Comment