Partner Sejati Untuk Kartu Bersahabat www.ArtisQQ.com | STATUS BANK : BCA - ONLINE | MANDIRI - ONLINE | BNI - ONLINE| BRI - ONLINE | DANAMON - ONLINE

Sudah Gosok Gigi Seusai Sahur Tapi Masih Juga Bau Mulut, Apa yang Salah? ~ ArtisQQ




ArtisQQ, Jakarta, Konon bau mulutnya orang berpuasa dapat diibaratkan sebagai bau surga. Tetapi masih banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki bau mulut. Padahal tiap selesai sahur, mereka sudah rajin menggosok gigi dan juga berkumur.

Lantas apa yang salah? Dijelaskan Prof drg Heriandi Sutadi, SpKGA(K), PhD, bau mulut masih bisa menghantui mereka yang rajin menggosok gigi dan berkumur karena berbagai alasan.

Pertama, infeksi hidung dan sinus. Contohnya sinusitis yang berada di antara hidung dan pipi. "Baunya seperti nanah dan menyebar melalui rongga sampai ke mulut," jelasnya kepada ArtisQQ.

Kedua, infeksi pada mulut. Dimulai infeksi dari gigi yang luka lalu menyebar ke akar dan baunya mengarah ke sinus dan berakhir di mulut. Selain itu, mulut yang kotor karena banyak karang gigi, jamur, dan bakteri yang berkembang juga bisa mengakibatkan munculnya bau tertentu.

Tak hanya itu, dari gigi yang berlubang atau mati juga bisa mengeluarkan bau yaitu H2S (hidrogen sulfida) yang dipicu oleh bakteri. Sebab ketika dipakai makan, makanan yang menempel di gigi berlubang tersebut akan berubah menjadi gas H2S.

"Baunya seperti campuran bau nanah dan jigong," imbuhnya.

Baca juga: Aneka Masalah Mulut yang Kerap Dikeluhkan Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Bahkan pada lidah yang mengalami perubahan warna pada permukaannya seperti warna putih atau kuning kecoklatan, maka itu berarti ada kotoran atau jamur yang dapat memicu bau. Dan jika ada air liur yang keluar, ini juga akan menyebabkan bau karena terkontaminasi oleh jamur atau bakteri di lidah.

"Bisa juga karena infeksi mulut, yaitu sariawan, atau radang gusi yang selama ini menjadi penyebab bau mulut seperti nanah," papar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) tersebut.

Ketiga, infeksi tenggorokan, contohnya amandel dan radang tenggorokan. Pada penderita radang tenggorokan, bau mulutnya juga khas, yaitu menyerupai percampuran antara darah dan nanah.

Berikutnya, infeksi paru-paru semisal tuberkulosis (TBC) yang memicu bau hidrogen sulfida. Ada lagi karena gangguan pada usus, lambung atau organ pencernaan lainnya.

"Ini memang biasanya terjadi pada bulan puasa, di mana perut kosong, asam lambung meningkat. Apalagi saat adanya regurgitasi asam lambung yaitu asam lambung yang keluar ke arah kerongkongan dan menyebabkan bau yang khas seperti protein dan zat besi," jelasnya.

Prof Heriandi menambahkan, faktor asupan juga mengambil peranan penting dalam memunculkan bau mulut. Sejumlah makanan yang bisa menimbulkan bau mulut saat masuk ke lambung di antaranya jengkol, pete, durian dan obat-obatan tertentu seperti obat mag.

"Obat mag mengandung zat logam atau alumunium sehingga dapat menimbulkan bau mulut seperti logam," katanya.

Terakhir, Prof Heriandi juga mengingatkan, bau mulut juga bisa menjadi penanda adanya penyakit berat, semisal AIDS. "Pada pasien penyakit AIDS biasanya di dalam mulutnya terdapat luka dan menimbulkan bau mulut seperti darah," pungkasnya.

Baca juga: Langsung Tidur Usai Sahur dapat Ganggu Kebersihan Gigi dan Mulut



CARI SITUS JUDI DOMINO DAN POKER ONLINE''TERPERCAYA''?ARTISQQ SOLUSINYA ^^
Kami Dari ARTISQQ menyediakan Promo dan bonus yang selalu di nantikan !

BIG PROMO !!
* Bonus Rollingan 0.3%
* Bonus Refferal Up To 15%


Semua Hanya bisa didapatkan di ArtisQQ
Minimal Depo dan WD hanya 20 Rb
Dengan Fasilitas Mewah :
- Cs yang siap Membantu 24 Jam
- Bonus Refferal 15% Perbulan
- WD Tanpa Batas
- 100% Bebas dari BOT
- Kemudahan Melakukan Transaksi dari 5 Bank Besar
- Ribuan Meja game & Puluhan ribu Real player setiap harinya
BURUAN DAFTARKAN DIRI ANDA BERSAMA KAMI DI KOMUNITAS ArtisQQ
CONTACT PERSON :
* Facebook : Artis QQ
* Skype : artisqq
* BBM : 2BED6E58
* Phone : +855-965-123-003
* Instagram : artisqq
artisqq http://goo.gl/HRFUfM (UNTUK DAFTAR !!)




No comments:

Post a Comment